Cara Memilih Anakan Murai Batu Berkualitas

Burung Murai Batu atau dikenal juga dengan Kucica hutan merupakan salah satu spesies burung yang termasuk dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Bersama Cucak Jenggot, Kenari dan Lovebird, Murai Batu merupakan burung yang populer dan banyak dipelihara karena kicauan merdunya.

Bagi sebagian orang mungkin cukup sulit untuk memilih anakan murai batu yang benar-benar berkualitas. Untuk mengetahuinya, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu ciri-ciri fisik maupun suara burung tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan burung Murai Batu yang memiliki kualitas bagus.

Untuk mengenali anakan Murai Batu yang berkualitas bagus, beberapa ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Suara atau Ketrekan

Murai Batu bakalan atau anakan yang bagus mempunyai kicauan yang keras. Suara atau ketrekan pada Murai Batu bakalan yang bagus yaitu terdengar nyambung atau mempunyai jeda yang lama. Nah dari situlah kita akan tahu potensi dari Murai Batu bakalan tersebut.

2. Ukuran dan Bentuk Fisik

Anakan Murai Batu yang bagus memiliki bentuk tubuh yang cukup besar serta panjang. Pada saat dewasa, burung yang memiliki ukuran tubuh besar akan terlihat lebih gagah ketika sedang berkicau. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi penilaian dan mental burung lain saat disertakan dalam kontes burung kicau.  Di antara semua jenis Murai Batu yang ada di Indonesia, Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis murai yang paling banyak digemari para pecinta burung. Dibandingkan Murai lainnya, kicauan Murai Batu Medan memang lebih merdu.

Secara fisik hewan ini juga memiliki tubuh yang lebih indah. Murai Batu Medan memiliki tubuh gagah dengan ekor dengan panjang yang melebihi panjang tubuhnya sendiri.

3.  Kepala

Kebanyakan Murai Batu mempunyai bentuk kepalanya agak bulat. Tetapi untuk burung Murai Batu bakalan yang bagus mempunyai postur kepala tidak bulat, atau berkepala agak gepeng. Kepala bakalan Murai Batu yang agak gepeng akan menambah gaya dan penampilan pada saat berkicau.

4.  Paruh

Burung Murai Batu yang bagus umumnya memiliki paruh yang tidak terlalu tebal namun panjang. Murai Batu yang mempunyai paruh seperti ini akan membuat suaranya menjadi lebih keras, dan tajam.

5.  Leher

Pada umumnya Murai Batu yang bagus memiliki leher yang lebih panjang, hal tersebut akan membantu burung untuk mengeluarkan kicauan yang juga panjang. Selain membantu suara menjadi lebih panjang, leher panjang pada Murai Batu juga akan terlihat lebih gagah.

6.  Ekor

Pilihlah anakan Murai Batu dengan ekor yang panjang. Jangan memilih burung yang tercabut bulu ekornya pada waktu masih anakan, karena burung akan mengalami trauma dan kurang agresif saat berkicau.

7. Mata
Bakalan Murai Batu yang bagus memiliki mata yang sehat. Jadi jika anda ingin membeli bakalan, maka amatilah kondisi fisik mata burung tersebut. Jangan memilih burung Murai Batu bakalan yang mempunyai mata katarak atau terdapat selaput putih pada bola mata sang burung.

8. Kaki
Pilihlah kaki burung Murai Batu anakan atau bakalan yang mepunyai warna hitam. Banyak orang yang berasumsi bahwa burung yang mmempunyai kaki hitam memiliki mental kuat saat bertanding. Selain itu lihat juga kuku kelingking bagian belakang, jika mempunyai warna kedua kuku tidak sama itu berarti burung bakalan Murai Batu tidak memiliki mental yang stabil saat bertanding.

9. Bulu
Pada umunya Murai Batu memiliki bulu dada berwarna coklat. Namun jika anda bisa mendapati atau memilih Murai dengan bulu dada agak berwarna kekuningan, maka anda angat beruntung. Burung Murai Batu bahan yang mempunyai warna bulu dada seperti itu, biasanya cenderung cepat jadi dan cepat bunyi.

10. Usia
Usia burung sangat berpengaruh dalam perlombaan. Kita tahu faktor mental akan sangat berpengaruh kedepannya pada sang burung yang akan kita pilih. Jadi menaksir usia Muria Batu bakalan dapat anda lakukan dengan cara membuka mulut atau paruhnya, selanjutnya lihat pada bagian rongga mulutnya. Jika dalam rongga mulut terdapat warna putih dan cerah, maka bisa dipastikan burung tersebut masih berumur muda. Namun jika rongga mulut bakalan Murai Batu berwarna hitam itu tandanya burung sudah berumur tua.

Itulah beberapa ciri Murai Batu anakan yang berkualitas. Semoga dengan mengetahui ciri fisik tersebut, Anda nantinya tidak akan salah pilih saat membeli Murai Batu yang yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>