Buah Naga Kuning (Selenicereus megalanthus)

2442298513_4ef99dd8d7_z

Spesies ini masih sangat jarang ditanam di Indonesia, lebih banyak dibudidayakan di Amerika, Australia, Vietnam, Israel. Diantara negara-negara tersebut buah naga kuning paling banyak ditanam di Israel, bahkan di Indonesia banyak orang mengenalnya  dengan sebutan buah naga kuning Israel, dengan ciri buah berduri dan ketika menjelang masak maka duri-durinya akan mulai jatuh dengan sendirinya.

Dibandingkan dengan buah naga yang lain, buah naga kuning paling lambat masa pertumbuhannya, dikarenakan selain batangnya lebih kecil perakarannya juga lebih sedikit dibandingkan buah naga yang lain, dan sebenarnya buah naga kuning ini lebih bagus jika di tanam di dataran tinggi dengan iklim yang lebih dingin. Akan tetapi dalam perkembangannya hal ini bisa di siasati supaya pertumbuhannya bisa lebih cepat, dengan teknik di sambung dengan batang buah naga jenis lain (super red, hitam, putih) untuk batang bawahnya, maka pertumbuhannya akan bisa lebih cepat, yang biasanya umur 1 -1,5 tahun baru berbuah maka dengan sistim ini umur 8 bulan sudah bisa berbuah atau berproduksi. Dan buah naga kuning ini tidak perlu dibantu proses penyerbukannya.

Teknik Penyambungan

-          Kedua batang bisa disambung dengan sistim potong huruf L untuk kedua batangnya (baik batang atas maupun batang bawah), bisa juga dipotong membentuk huruf V untuk batang atas sedangkan untuk batang bawahnya cukup dibelah.

-          Tahap selanjutnya kedua batang diikat denga tali rafia / plastik supaya menempel.

-          Setelah kedua batang dipastikan menempel, tanaman ditanam dalam polybag berdiameter 15 cm.

-          Selama proses penempelan, tanaman ditaruh di tempat yang teduh atau diatasnya dipasang naungan selama kurang lebih 2 minggu sampai 1 bulan.

-          Sebagai catatan, batang bawah yang digunakan untuk penyambungan harus dipastikan yang sudah berakar banyak sehingga tanaman bisa langsung hidup dan berpotensi jadi atau berhasil dengan sempurna.

-          Setelah tanaman berhasil sempurna, semua duri yang ada di batang bawah dihilangkan semuanya, supaya pertumbuhan tunasnya bisa fokus ke pertumbuhan tunas atas (kuning).

 

Perlu diketahui, buah naga kuning ini ukuran buahnya lebih kecil dibandingkan buah naga merah tetapi memiliki rasa yang lebih manis, dan sangat bagus kandungan gizinya untuk kesehatan tubuh.

One Response to Buah Naga Kuning (Selenicereus megalanthus)

  1. Dede says:

    Saya tertarik untuk menjual dan menamam buah naga kuning.

    Adakah sumber buah naga kuning?
    Dan adakah bibit buah naga kuning.

    Boleh hubungin saya di 085270088838.

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>